Beranda ACEH TENGAH Ekonomi Kreatif Solusi Kurangi Angka Pengangguran

Ekonomi Kreatif Solusi Kurangi Angka Pengangguran

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Guna mengurangi tingginya angka pengangguran di Aceh Tengah, dibutuhkan trobosan baru membangun semangat pemuda untuk lebih giat bekerja melalui ekonomi kreatif.

Hal itu diutarakan Irvan Rasyid pemerhati sosial masyarakat, Kamis (4/1) di Takengen. Menurut dia, pentingnya mencermati persoalan penggangguran pemuda karena saat ini mereka lebih cenderung menghabiskan waktu bermain, tanpa memiliki pekerjaan tetap.

“Ini sudah jadi fenomena. Pemuda saat ini banyak terbuai, lalai dengan kesibukan kurang bermanfaat. Misalnya seperti mengakses informasi elektronik tanpa mengenal batas waktu. Padahal kalau ada kemauan tentu banyak hal positif yang dapat dikerjakan,” kata Irvan.

Meski tidak setiap pemuda statusnya pengangguran di daerah kopi ini, namun angka usia produktif yang belum memiliki pekerjaan dipridiksi masih cukup mengkhawatirkan di sana. Dari itu, tambahnya, dibutuhkan upaya membangun ekonomi kreatif melalui beragam sektor usaha  yang mampu mendorong pertumbuhan income pendapatan masyarakat.

“Kita bisa lihat, kalaupun ada yang sudah jadi pegawai maupun petani, seberapa besar persentasenya di sini? Mayoritas pemuda lebih banyak berleha-leha. Padahal kalau mereka diarahkan, contohnya seperti bisa membuat sauvenir kerajinan tangan saja, tentu angka pengganguran dapat ditekan.”

Nah, itu salah satu contoh. Bukankah potensi daerah ini juga sangat luar biasa, segala sektor bisa digali untuk dimanfaatkan. Kita punya obyek wisata yang bisa dijual. Artinya selain komuditi kopi, kita juga bisa memasarkan sauvenir ke wisatawan lokal maupun luar daerah,” tukasnya. [] (Laporan: Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here