Beranda ACEH TENGAH Edy “Generasi Emas” Beladiri Kempo Gayo

Edy “Generasi Emas” Beladiri Kempo Gayo

BERBAGI

JARANG membual adalah ciri khas pemuda ini. Ia lebih banyak bekerja daripada bicara. Kesehariannya sangat sederhana. Mungkin selama ini alam Gayo telah menempa cara pandang hidupnya yang tegas dan berkarakter.

Meski demikian, dibalik kesederhananya itu, ia bukanlah “lelaki biasa”. Sosok satu ini sangat pandai menguasai ilmu bela diri. Darah kenshi (Shorinji Kempo) mengalir di tubuhnya sejak remaja (1985).

Bahkan hingga kini, disela kesibukannya sebagai kepala keluarga dan jadi guru di SMA N 4 Takengen, ia tetap menyempatkan diri membina atlet kempo di Tanoh Gayo. Siapakah dia?

Adalah Edy Saputra, sosok ‘pendiam’ tapi akan banyak berbicara ketika menyangkut persoalan perkembangan olahraga, khususnya cabang shorinji kempo.

Kiprah suami Lia Fitri ini dalam menggeluti kempo bisa dikatakan sangat luar biasa. Selain pernah menyumbangkan medali untuk Aceh Tengah saat masih aktif sebagai atlet, dia juga telah memberikan sumbangsihnya bagi Provinsi Aceh sebagai pelatih di ajang bergengsi PON.

Saat itu, tugas besar yang dipikul Edy selaku pelatih kempo Aceh di PON telah berhasil mendulang 2 emas, 1 perunggu. Rincian, 1 emas di PON ke- XVIII Riau 2012 dan 1 emas, 1 perunggu di PON ke-XIX di Jawa Barat 2016. Hasil ini menoreh catatan emas bagi perkembangan dan kemajuan dunia olahraga di daerah penghasil kopi arabika gayo ini.

Teranyar, peran kinerja ayah dua anak ini (Nazla Mutiah dan Jafran) kembali’dipertaruhkan’ di Pekan Olah Raga Aceh (PORA)Ke XIII/2018 yang baru saja usai digelar di Kota Jantho, Aceh Besar. Di ajang yang diikuti 23 kabupaten/kota se- Aceh ini persaudaraan kempo Aceh Tengah berhasil menoreh 4 emas, 4 perak dan 3 perunggu.

Sukses raihan medali PORA tersebut, selain peranan Edy, tentu tidak terlepas dari dukungan simpai Zul MD dan Andi Armaya. Kedua nama terakhir merupakan sahabat dan guru dalam kiprahnya menekuni cabang olahraga Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) di Gayo Lut ini.[]**Irwandi MN

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here