Beranda ACEH TENGAH

Dua Wartawan Pimpin KIP di Gayo

BERBAGI

DUA wartawan yang bertugas di Gayo, dipercayakan menjadi ketua KIP. Khairul Ahyar, wartawan Waspada/ Lesuerantara.com, memegang tampuk KIP di Bener Meriah. Sementara Yunadi HR, pimpinan Lintas Gayo.com menjadi ketua KIP di Aceh Tengah.

Kedua wartawan ini, sebelumnya juga pernah memegang jabatan yang sama sebagai ketua Panwas. Mantan ketua Panwas di dua kabupaten ini saat dilakukan seleksi pemilihan KIP di daerah masing masing, ikut ambil bagian. Bukan hanya lolos seleksi dan dilantik, namun mereka dipercayakan sebagai ketua KIP.

Proses pelantikan KIP di dua kabupaten ini sempat tertunda dalam jadwal semestinya. Awalnya Bener Meriah, ahirnya diambil alih oleh KIP Provinsi Aceh, demikian dengan Aceh Tengah, juga mengikuti jejak sang adik, pelantikan KIP di negeri dingin itu tidak sesuai dengan masa demisioner personil KIP yang lama.

Soal jurnalistik, keduanya walau berbeda kabupaten bertugas, ilmu jurnalistiknya ditempa oleh wartawan senior yang gemar mengalungkan kain sarung di bahu. Wartawan Waspada sejak tahun 1990 sudah menekuni dunia Pers, menurunkan ilmunya kepada kedua wartawan yang kini menjadi ketua KIP.

“Benar. Bang Bahtiar Gayo, bukan hanya sebagai senior saya, namun orang yang menempa saya dalam dunia jurnalistik. Banyak ilmu jurnalistiknya yang saya pelajari. Senior yang gemar mengarang tengkeh Gayo ini, memang layak sebagai panutan Pers,” sebut Yunadi.

“Banyak ilmu kewartawanan yang diturunkanya kepada saya. Kalau urusan tulisan mendalam dan feature, senior saya ini ahlinya. Bahasanya menyentuh, alur ceritanya jelas. Wajar ketika dilangsungkan ujian UKW untuk tingkat Madya, bang Bahtiar meraih prediket terbaik,” kata Khairul Ahyar.

Kedua insan Pers ini menambahkan, didikan Bahtiar Gayo untuk negeri kopi ini sudah banyak yang berhasil dalam dunia jurnalistik. Mereka kini menjadi penulis professional. Ilmu yang diturunkan wartawan utama ini, telah melahirkan sejumlah generasi.

Khairul Akhyar, yang kini sebagai ketua KIP Bener Meriah, dilahirkan di Aceh Tengah, 18 Februari 1975. Dia menyelesaikan pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stiesia) Surabaya : D3 Akuntansi Tahun 1999, kemudian dia melanjutkan Universitas Gajah Putih (UGP) : S1 Manajemen: Tahun 2010.

Sebelum di LeuserAntara, Ucok, panggilan akrabnya menulis di media cetak Waspada (2004-2018). Kemudian merintis media lokal online dari 2012 sampai 2018. Saat akan mengikuti seleksi KIP, Ucok memohon ijin kepada Waspada untuk non aktif. Demikian di Leuser Antara ia telah mengundurkan diri dari pimpinan umum sejak mengikuti tes penjaringan komisioner KIP.

Demikian dengan Yunadi HR, juga aktifis yang bergelut di media. Putra kelahiran Takengon, 8 Februari 1979, setelah menyelesaikan pendidikan SD di Takengon, kemudian dia melanglang buana di Bandung, sampai menyelesaikan kuliahnya di Universitas Diponegoro ( UNDIP) Semarang.

Menjadi dosen di UGP sejak tahun 2009. Pernah juga mengabdi di lembaga pemberdayaan masyarakat, menjadi fasilitator gempa Gayo. Dipercayakan menjadi ketua Panwas, dan kemudian menggeluti dunia jurnalistik sebagai pimpinan media online Lintas Gayo. Com. Saat akan mengikuti seleksi personil KIP, lelaki berkacamata ini mengundurkan diri dari pimpinan media tersebut.

Kedua insan Pers ini, kini dipercayakan untuk menyelenggarakan pesta demokrasi. Semoga amanah yang diemban seperti harapan publik, pelaksanaan Pileg dan Pilpres berlangsung jujur, adil, sesuai aturan main. [](Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here