Distan Gayo Lues Pantau Padi Masyrakat Kuta Ujung Yang Diserang Hama

Blangkejeren (LeuserAntara):  Kordinator bagian pengamat hama penyakit pada Dinas Pertanian Gayo Lues memantau langsung lahan persawahan milik warga yang terkenak serangan hama di Desa Kuta Ujung, Kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues Noval, SP melalui Koordinator bagian Popt pengamat hama Abdullah Cut, SP Jumat (12/1) mengatakan, untuk lahan yang terkenak serangan hama seperti ini tidak perlu di cemaskan, karena ini hal yang biasa yang dapat terjadi terhadap tanaman padi milik masyrakat.

Disebutkannya, hama ini akan diatasi dalam waktu dekat, kita akan memberikan sejenis jat racun yang memang betul telah di sediakan oleh Distan Gayo Lues terhadap serangan hama tersebut.

“Tanaman padi yang terkenak serangan hama itu mungkin saja di sebabkan oleh beberapa faktor, karena kadar air terlalu banyak, kekurangan air dapat menyebabkan peroses kotoron cacing itu naik ke atas permukaan tanah dan hal itu bisa membuat proses pertumbuhan tanaman padi terhambat dikarenakan akar padi tersebut terangkat ke atas,” jelasnya.

Kami selaku kordinator Popt di Distan Gayo Lues akan selalu siap untuk membantu warga mengatasi tanaman yang terkenak serangan hama, dan kita akan selalu terjun kelapangan untuk memantau langsung lahan yang diserang sehingga kedepan para petani bisa lebih paham mengatasi serangan hama.(TR)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*