Beranda ACEH TENGAH Di Bener Meriah Lokasi Galian C Tutup, Harga Naik, Pembangunan Macet

Di Bener Meriah Lokasi Galian C Tutup, Harga Naik, Pembangunan Macet

BERBAGI

REDELONG (LeuserAntara): Di Kabupaten Bener Meriah sejak 19 April 2018, lokasi galian C ditutup karena ijinnya belum keluar, dan direncanakan harga pasir dan batu juga akan naik, sehingga berimbas kepas pengusaha dum truk dan terhambatnya pembangunan.

Hal ini dikatakan koordinator dum Truck Bener Meriah Adi Jablay kepada LeuserAntara, Jumat (20/4/2018).

“Hari ini semua pemilik dum Truck akan melakukan aksi protes, persoalannya, para pemilik galian C akan menaikkan harga dan galian C juga pada tutup terkendala masalah Ijin,” ungkap Adi.

Dia menambahkan, hasil rapat kami dengan anggota, aksi tersebut akan ditunda hingga menunggu bupati pulang dari luar negeri.

“Kami berharap, Pemda bisa memberikan solusi terkait penutupan galian C. Kemudian, para pemilik galian C jangan sepihak menaikkan harga, Harus ada koordinasi dengan organda, Pemda dan lainnya,” pinta Adi Jablay.

Di tempat terpisah, salah seorang pemilik galian C Robbani di lokasi Karang Rejo Bener Meriah membenarkan, bahwa galian C milik mereka sudah tutup sejak kemarin, karena terkendala masalah Ijin.

Dijelaskannya, yang lalu Ijin galian C cukup dari Pemerintah daerah saja, namun saat ini urusannya harus ke Provinsi Banda Aceh.

“Dari pada bermasalah dengan hukum, sebaiknya kita tutup dulu, sembari menunggu ijinnya selesai,” kata Robbani.

Aman Andri warga Timang Gajah yang saat ini sedang membangun rumahnya juga mengaku harus menunda pembangunannya, akibat tidak adanya material.

“Kami berharap Pemda Bener Meriah bisa mencari solusi, kasihan kita terhambat untuk membangun,” ucapnya.

Material pasir dan batu yang saat ini ditutup, dibutuhkan dan dimanfaatkan oleh dua kabupaten bertetangga, yakni Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Di Bener Meriah lokasi galian C yang tutup berada di Wonosobo, Burni Telong, Jamur Ujung, Lut Kucak, Air Asin Lampahan dan Weh Pesam.(uh)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here