Dana Desa di Kp. Katimaju Diduga “Digelapkan”

Kute Cane (LeuserAntara): Penghulu Desa Katimaju Kec. Ketambe Kab. Aceh Tenggara, dituding masyarakat sangat tertutup mengenai penggunaan dana kampung TA 2015, 2016 dan 2017.

Salah seorang anggota Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) setempat, Abdullah, Kamis (7/9/17) menyebutkan, selama ini masyarakat tidak mengetahui berapa dana desa yang mengalir.

“Kami selaku  BPK tidak pernah tahu jumlah dana desa. Saat ditanya ke penghulu, katanya kami tak perlu tahu,” ungkap Abdullah.

Lain itu, sejumlah bangunan yang dikerjakan di desa belum pernah dimusyawarahkan dengan BPK. Sementara LPJ bangunan itu telah diselesaikan.

“Pertanyaannya  apakah tanda tangan anggota BPK di dalam LPJ tersebut asli atau dipalsukan,” ucapnya.

Pun begitu lanjutnya, diharap Bupati Aceh Tenggara yang aktif serta bupati terpilih priode 2017 – 2022 untuk bisa mengaudit  seluk beluk keuangan di Desa Katimaju.  Hal ini supaya tuntutan undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik bisa berjalan.

Terpisah Penghulu Desa Katimaju Sajuddin, membantah keras tentang tudingan yang disampaikan warganya. Menurutnya, selama ini penggunaan anggaran desa cukup transparan, dibuktikan dengan siapnya baliho profil desa. [] (TR)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*