Beranda ACEH TENGAH Dahlia Akan Tenar Sebagaimana Tulip dan Sakura

Dahlia Akan Tenar Sebagaimana Tulip dan Sakura

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara) : Suatu daerah atau negara punya tanaman bunga yang menjadi simbol atau ciri khas tersendiri hingga terkadang sulit dipisahkan. Seperti di Belanda terkenal dengan bunga tulip-nya, begitu juga bunga sakura yang ada di Jepang. Kedua bunga itu sudah identik dengan daerahnya.

Sementara di Aceh tepatnya Dataran tinggi Gayo, ada tanaman indah jenis bunga dahlia. Sejak lama bunga satu ini sudah menjadi bagian kehidupan warga, biasanya sengaja ditanam di perkarangan rumah dan tidak sedikit yang tumbuh liar.

Namun, dahlia yang tumbuh liar kini semakin berkurang begitu juga tidak banyak lagi warga yang menanam jenis bunga tersebut di perkarangan rumah.

Melihat kondisi itu, Ketua TP- PKK Aceh Tengah, Puan Ratna merasa perlu kembali membudidayakan dahlia, tidak hanya di perkarangan rumah tapi juga difasilitas publik seperti spasi antara trotoar dengan parit.

“Kalau di Belanda ada tulip, di Jepang ada Sakura, di Dataran Tinggi Gayo ada dahlia. Kabarkan ke negeri luar bahwa kita punya bunga ciri khas sebagaimana negara mereka,” kata Puan Ratna disela kegiatan puncak peringatan ulang tahun ke 18 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh Tengah yang dipusatkan di kawasan wisata Bur Telege, kemarin.

Menurut dia, bunga dahlia telah menjadi bagian dari masyarakat Gayo sejak dahulu dan hampir tidak ada perkarangan rumah yang tidak tumbuh bunga jenis satu ini.”Kita Akan gerakkan terus warga menanam bunga, khususnya dahlia, mulai dari Kota Takengen hingga ke pelosok sebagai ciri khas dataran tinggi Gayo,” ucapnya.

Peringatan ulang tahun DWP Aceh Tengah hari itu diwarnai dengan kegiatan Senam Jantung Sehat dan penanaman lebih dari 500 tanaman bunga dari berbagai jenis, mulai dari dahlia, anyelir, lavender, kancing ungu hingga krisan dan lainnya. [] (Lap: Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here