Beranda ACEH TENGAH

Bukti Persaudaraan, Aceh Bangun Masjid di Palu

BERBAGI

Palu (LeuserAntara): Plt Bupati Bener Meriah Sarkawi ikut mendampingi Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah dalam rangka peletakan batu pertama Masjid Jami’ Nur Hasanah Aceh di Kelurahan Pengawu, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Acara peletakan batu pertama ini merupakan inisiasi dari pemerintah dan masyarakat Kota Palu yang mengundang Gubernur Aceh, untuk melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Jami’ Nur Hasanah Aceh yang hancur akibat gempa dan tsunami yang menimpa Sulawesi Tengah, beberapa bulan lalu.

“Suatu kehormatan bagi kami atas kesediaan Plt Gubernur Aceh dan beberapa kepala daerah dari Aceh untuk melakukan peletakan batu pertama Masjid Jami’ Nur Hasanah Aceh ini. Sebagai wujud rasa terima kasih kami kepada pemerintah dan masyarakat Aceh yang telah memberikan bantuan pembangunan masjid ini, maka kami sematkan nama Aceh setelah nama masjid ini, yang semula hanya Masjid Jami’ Nur Hasanah,” kata Dr. Hamdan Rawandio, selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid tersebut,  Palu, Rabu (13/2/2019)

Di hadapan sekitar 1000-an masyarakat Kota Palu yang hadir di lokasi, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan, bahwa bantuan yang diberikan Pemerintah Aceh ini merupakan sumbangan dari seluruh unsur lapisan masyarakat, yaitu dari Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota, perusahaan, organisasi, dan perorangan di Aceh. Saat ini, telah terkumpul sebesar kurang lebih Rp. 3.3 miliar.

“Nantinya, dana ini akan digunakan seratus persen untuk pembangunan masjid sampai selesai. Hal itu sesuai dengan perencanaan yang dibuat Dr. Ing. Andri Widyo Widjatnoko, S.T., M.T., konsultan Masjid Jami’ Nurhasanah Aceh,” sebut Nova

Usai memberikan sambutan, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Plt Bupati Bener Meriah Sarkawi, Wakil Bupati Pidie Fadlullah TM Daud, S.T., dan Walikota Sabang Nazarrudin, secara bergantian meletakkan batu dan semen ke dalam galian pondasi masjid yang disaksikan Sekretaris Daerah sulteng Drs H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si., beserta seluruh jajaran Pemerintah Sulteng dan Kota Palu.

Selanjutnya, Gubernur Aceh dan Plt Bupati Bener Meriah beserta rombongan meninjau sejumlah lokasi bencana di palu, yaitu daerah Pemukiman Patobo dan Belarowa yang mengalami dampak paling serius akibat gempa dan tsunami. Juga,  mengunjungi Masjid Terapung di pinggir pantai Palu yang masih berdiri, walaupun bagian dari kaki pondasinya telah hancur di terjang ombak.(LA)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here