Beranda ACEH TENGAH Bibit Kuda Australia Hadir di Gayo

Bibit Kuda Australia Hadir di Gayo

BERBAGI

TAKENGEN |LeuserAntara| Untuk mengembangkan ekonomi peternak di Aceh Tengah, pemerintah setempat mendatangkan dua ekor kuda ras thoroughbred dari Australia.

Pengadaan dua hewan pejantan imfor itu dilakukan untuk memudahkan peternak mendapatkan bibit hasil kuda persilangan.

“Bibit kuda ini ke depannya diharap memberi kontribusi yang besar bagi daerah. Bukan saja sebagai pendongkrak in come PAD, namun membantu ekonomi petani dari segi tingginya harga jual, ” kata Rahmandi Kadis Peternakan dan Perikanan Aceh Tengah, menjawab LeuserAntara. com, Kamis, (10/10/16) di Takengen.

Menurutnya, sumber dana pengadaan bibit dua ekor kuda Australia ini dari APBK Aceh Tengah TA 2016 dengan pagu senilai Rp1 milyar. Meski proses mendatangkannya cukup rumit, lantaran harus melalui tes kesehatan dan karantina, namun kedua kuda tersebut sudah layak dibiakan di Gayo.

“Kuda yang didatangkan ini dipastikan sudah seteril, baik dari penyakit disebabkan virus maupun bakteri. Kini tinggal bagaimana jenis kuda imfor ini bisa dikembangkan di sini, sehingga minat masyarakat terakomodasi dengan baik,” ungkapnya.

Ditambahkan, sejauh ini populasi kuda di daerah kopi itu, mencapai sekitar 1.700 ekor. Terdiri dari; kuda lokal, kuda peranakan, kuda pacu dan kuda indukan. Hewan ternak tersebut saat ini merupakan sumber ekonomi sebagian masyarakat di sana.

“Untuk saat ini, di daerah kita sudah ada 4 ekor kuda bibit pejantan jenis thoroughbred asal Australia. Dua ekor lagi sebelumnya bersumber dari dana pengadaan TA 2012 dan dana hibah Pemda TA 2009–2010,” sebut Rahmandi. [R02/foto : FB]

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here