Beranda BENER MERIAH Bibit Kopi Kurang Berkualitas, Petani Bener Meriah Tolak Menanam

Bibit Kopi Kurang Berkualitas, Petani Bener Meriah Tolak Menanam

BERBAGI

Redelong (LeuserAntara): Kelompok tani Ketier, yang berada di Kecamatan Bener Kelipah, Kab Bener Meriah, menolak bantuan bibit kopi yang disalurkan oleh CV. BP sebagai rekanan pengadaan. 

Menurut keterangan yang ada, bibit kopi tersebut berasal dari Dinas Perkebunan Aceh yang diberikan kepada petani kopi Gayo di daerah dingin ini.

Dailami, salah seorang kelompok tani Ketier mengirimkan surat kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan Bener Meriah. Dengan harapan, agar memberi kabar kepada Dinas Perkebunan di Provinsi Aceh, bahwa bibit kopi itu tidak akan mereka tanam alias tidak layak, demikian surat yang diterima LeuserAntara, Rabu (29/9/2018)

“Kopi ini tidak bermutu, maupun tidak memiliki kualitas. Lalu tidak akan kami tanam di kebun kami,” sebut Dailami dalam surat yang dibuat bermaterai dan dibubuhi tanda tangan, serta bertanggal, 19 September 2018.

Menurutnya, dalam surat itu, bibit yang mereka terima dari CV BP, yang dapat ditanam hanya 30 persen. Tinggi bibit-bibit tersebut tidak merata, atau tidak sesuai dengan spesifikasi.

Lalu sebutnya dalam surat tersebut, terdapat varietas bibit campuran. Yakni, bibit kopi jenis Gayo I (satu) dan Ateng.

Kemudian kondisi bibit tidak segar dan layu, asal usul bibit bukan dari penangkar resmi dari Kabupaten Bener Meriah.

“Kelompok tani di Kab Bener Meriah, tidak akan mau menanam bibit kopi yang berasal dari luar Bener Meriah,” sebutnya dalam kata terakhir surat tersebut.(tim)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here