Beranda ACEH TENGAH Belum “Bersolek” Puncak Malaya Miliki Potensi Agro Wisata

Belum “Bersolek” Puncak Malaya Miliki Potensi Agro Wisata

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara) : Potensi lokasi obyek wisata di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah,  Provinsi Aceh tak pernah “kering”  dalam memperkenalkan potensi keindahan alamnya kepermukaan.

Setelah Bur Telege, Pantan Terong, Puncak Leweng yang selama ini mulai jadi primadona dan  menjadi tujuan utama obyek wisatawan, kini muncul kawasan idola wisata baru di Gunung Malaya, Kp. Pilar, Kec. Bies.

Tidak jauh beda dengan kawasan wisata lainnya, Puncak Malaya sendiri memiliki beragam kelebihan yang mampu “membius” para pengunjung yang hadir ke sana. Dari puncak 1700 meter DPL ini wisatawan dapat menyaksikan pesona alam, panorama Danau Lut Tawar beserta bentangan arena balap pacuan kuda tradisional di Belang Bebangka.

Potensi lainnya, tanah yang subur di areal pengunungan ini, dapat di kembangkan budidaya hortikultura sebagai bagian daru obyek agro wisata. Namun sayang,  di daerah puncak tanaman penghasil kopi ini belum sepenuhnya “disolek” oleh tangan trampil dari pihak terkait.

Camat Bies, Maidin Melala, saat dimintai keterangannya,  Sabtu (1/9) mengenai potensi wisata yang belum digarap secara apik ini menjelaskan, pihaknya sedang berupaya menjadikan obyek lokasi agro wisata tersebut bisa menjadi tujuan utama baru bagi pelancong di sana.

Lain itu, diharap lokasi wisata yang berjarak sekitar 10 KM dari pusat Kota Takengen ini mampu menambah in come ekonomi masyarakat yang menetap di seputar puncak kaki gunung Malaya.

“Saya melihat ada potensi alam yang luar biasa di Bur Malaya. Saat ini bagaimana segenap pihak, termasuk masyarakat bersedia bahu membahu untuk pengembangan potensi yang ada. Ini bisa jadi sebagai gebrakan  luar biasa untuk tambahan ekonomi warga selain bertani,” ungkap Maidin.

Sementara, sepengetahuan camat Bies itu, lokasi agro wisata dimaksud, sebelumnya telah dikunjungi bupati Aceh Tengah didampingi Muspika Kecamatan Bies, guna mensurvei keberadaan obyek wisata yang ke depan dimungkinkan akan menjadi tujuan utama wisatawan lokal, domestik, nasional maupun manca negara. [] (Lap. Irwandi MN/foto:El-G)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here