Beranda ACEH TENGAH Asa Bupati Shabela di MTQ Ke 33 Pegasing

Asa Bupati Shabela di MTQ Ke 33 Pegasing

BERBAGI

MALAM itu hujan tumpah ruah menyiram bumi Gayo. Sebagian manusia lebih memilih berdiam diri di peraduannya dari pada keluyuran di luar rumah. Namun, suasana tersebut seperti tidak berlaku di Pegasing, salah satu wilayah kecamatan di Aceh Tengah.

Di daerah penghasil nanas itu, suara lantunan ayat suci Alquran membahana memecah keheningan malam. Aktifitas warga terus menggeliat, meski saat itu hujan belum menunjukan tanda akan reda. Ada apa di sana?

Ya malam itu, di Kecamatan Pegasing, sedang berlangsung final Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) . Antusias warga begitu kentara menyaksikan para kafilah, qari dan qariah uji kemampuan dalam membaca Alquran.

“MTQ ini sebagai wadah agar kita lebih semangat untuk mempelajari dan mengamalkan Alquran.Tidak hanya sebatas bisa membaca, tapi memahami isi kandungan Alquran dan mampu mengamalkan nilai-nilai yang terdapat didalamnya,” kata Shabela Abu Bakar, Bupati Aceh Tengah dalam MTQ yang telah berakhir 2 Oktober 2018.

Pelaksanaan MTQ diharap dapat membawa perubahan akhlak masyarakat di daerah kopi ini untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ada peningkatan kesadaran warga untuk meningkatkan kualitas hidup sesuai dengan tuntunan Alquran.

“Selaku pimpinan daerah kami berharap ada evaluasi dari penyelenggara supaya ada pembenahan dan lebih baik lagi pada MTQ yang akan datang,” sebutnya.

Pada MTQ ke 33 se Aceh Tengah ini, Kecamatan Bebesen, berhasil ke luar sebagai juara umum. Shabela berharap kafilah dari kecamatan lain agar terus berlatih dan memperbaiki prestasi pada MTQ ke 34 yang direncanakan berlangsung di Kecamatan Bintang.

“Penyelenggaraan MTQ mepunyai fungsi strategis dalam syiar islam untuk menciptakan masyarakat Aceh Tengah yang religius dan qur’ani. Lain itu, melalui kegiatan ini kita ingin mampu menciptakan teladan ditengah masyarakat. Melahirkan banyak individu yang memahami dan mengamalkan Alquran,” ungkap bupati.

Dikesempatan itu, selaku bupati Aceh Tengah, Shabela menyerahkan piala bergilir yang diterima langsung Plt. Camat Bebesen, Alwin Sahri. MTQ yang digelar di Pegasing ini berlangsung sukses walau “diwarnai” deras hujan di hari final.

Bupati Shabela berpesan, meski MTQ telah selesai, namun semangat untuk mempelajari dan mengamalkan Alquran tidak boleh berakhir dalam keseharian rakyat di sana.

“MTQ boleh saja berakhir hingga kembali akan digelar di dua tahun (2020) mendatang, namun semangat dan energi mempelajari kitab suci Alquran harus terus hidup,” paparnya. [] **Irwandi MN.

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here