Beranda KOLOM

Artikel: Peluang Mahasiswa Membuka Lapangan Kerja

BERBAGI

27123_1759823684158340_858906270_n

Oleh: Shinta Erawati Kusuma*

Di tengah sempitnya lapangan kerja dewasa ini, lulusan perguruan tinggi mulai dituntut untuk dapat menciptakan lapangan kerja. Namun untuk menjadi seorang pengusaha sukses bukanlah mimpi yang mudah untuk diwujudkan. Oleh sebab itu, ada baiknya kesuksesan dirintis sedini mungkin, dan itu dapat dimulai dari mahasiswa.

Ketika kita ingin membangun sebuah usaha, biasanya modal adalah salah satu faktor yang sangat penting, baik itu modal materiil maupul modal non materiil. Kebayakan orang beranggapan bahwa kita membutuhkan modal yang besar agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik.

Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Memang untuk beberapa modal usaha, kita membutuhkan modal materiil yang cukup besar agar bisa berjalan dengan baik, namun ada cukup banyak modal usaha rumahan yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Justru biasanya modal yang paling penting itu adalah modal non materiil, seperti keinginan yang kuat, keyakinan, dan juga perencanaan bisnis yang matang.

Ada beberapa peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa dipertimbangkan oleh mahasiswa. Yang pertama yaitu usaha berjualan pulsa handphone. Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa karena modalnya kecil dan mudah untuk dijalankan.

Usaha ini dijamin tidak akan mengganggu waktu kuliah. Modal utama berjualan pulsa sesungguhnya adalah pribadi si mahasiswa sendiri. Bila yang bersangkutan memiliki pergaulan yang luas dan citra diri yang baik, usaha berjualan pulsa punya potensi untuk sukses. Target market usaha ini yang paling utama adalah keluarga, teman, dan kenalan.

Jenis usaha yang kedua ialah usaha berjualan makanan cemilan, seperti jualan aneka kue basah dan kering, jualan gorengan, dan membuka kantin atau warung. Bisnis ini bahkan punya potensi keuntungan yang berlipat ganda bila mampu dikembangkan menjadi usaha waralaba (franchise), asalkan merk yang kita bangun cukup menjanjikan.

Jenis usaha yang ketiga yaitu membuka jasa pengetikan naskah. Bagi mahasiswa yang akrab dengan teknologi komputer, bisnis ini dapat menjadi pilihan usaha yang menjanjikan. Mahasiswa yang menggeluti bisnis ini dapat menyebarkan kartu nama mereka ke sekolah, kampus, kantor, dan sebagainya untuk memperkenalkan diri dan skill yang mereka miliki di bidang pengetikan naskah. Dengan demikian, tidak diharuskan menyewa sebuah toko untuk mengembangkan usaha jenis ini.

Usaha selanjutnya yaitu bisnis laundry pakaian. Di tengah semakin sibuknya manusia beraktivitas, terkadang pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian menjadi terbengkalai. Sementara pembantu rumah tangga makin sulit didapatkan di pasar tenaga kerja. Mahasiswa dapat mengambil kesempatan ini dengan membuka bisnis laundry pakaian.

Satu jenis usaha lainnya yang tak kalah menarik yakni berbisnis bahan-bahan daur ulang. Mahasiswa sudah sepatutnya identik dengan kreativitas. Berbagai barang bekas dengan sedikit modifikasi sesungguhnya dapat dipergunakan kembali menjadi barang kerajinan (souvenir) atau barang bermanfaat lainnya.

Apalagi Tanah Gayo punya potensi pariwisata yang perlu dikembangkan, sehingga perlu didukung pula dengan barang-barang kerajinan daerah yang semakin menarik bila menggunakan bahan daur ulang, sebab pasar di dunia internasional sangat menghargai karya-karya manusia yang ramah lingkungan.

Apapun peluang usaha rumahan yang kita kerjakan, baik itu dengan modal kecil ataupun dengan modal yang besar, intinya kita harus yakin, fokus, tekun, dan kerja keras dalam menjalankannya. Ada begitu banyak usaha rumahan dengan modal kecil awalnya dimulai dari nol akhirnya menjadi sebuah usaha yang sangat menguntungkan dan menciptakan lapangan kerja yang luas bagi orang lain.

*Penulis adalah mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Aceh Tengah (STIHMAT)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here