Beranda KOLOM

Artikel: Apapun Keputusan Tentang RUU Pilkada, Rakyat Harus Terima

BERBAGI

RUU_PILKADA

Oleh : Erik Prayitno

Keinginan Parpol di DPRD mengesahkan RUU PILKADA yang dipilih oleh DPR telah menjadi polemik semua lapisan yang ada dalam system pemerintahan bangsa ini,penetapan RUU PILKADA yang rencananya akan diketuk palu pada tanggal 25 mendatang akan menjadi pergulatan argumentasi baik dari kalangan aparatur pemerintah, elit politik, bahkan seluruh masyarakat Indonesia, yang tentunya hasil dari semua ini akan berefek pada masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dengan adanya polemik yang lahir pada lembaga legeslativ ini melahirkan kontroversi antara pihak yang satu dengan pihak lainnya. RUU Pilkada saat ini tengah dibahas Panitia Kerja DPR. Mekanisme pemilihan kepala daerah menjadi salah satu isu yang mendapat sorotan. Sebelum Pilpres 2014, tak ada parpol yang ingin jika kepala daerah dipilih oleh DPRD. Namun, kini semua parpol Koalisi Merah Putih, yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional, ditambah Partai Demokrat, malah mendorong agar kepala daerah dipilih oleh DPRD. Sementara itu PDIP dan juga Para bupati dan wali kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menolak tegas pilkada oleh DPRD.

Dengan melihat kondisi diatas artinya bahwa ada prespektiv dari beberapa elemen dengan adanya Undang Undang yang ditetapkan bahwa Pemilihan kepala daerah dilaksanakan oleh DPR maka akan lebih evesien pasalnya Pilkada langsung dinilai banyak membawa kerugian secara sosial, tensi politik yang tinggi antar pendukung, dan memakan ongkos politik yang besar.

Sehingga dengan mekanisme dikembalikannya pemilihan kepala daerah kepada DPR akan lebih komperatif dan juga lebih komprehensif dalam mekanisme dan juga dalam pengeluaran anggaran Negara. DPRD juga merupakan rakyat yang kemudian dengan keputusan dan juga kebijakan yang ditetapkan atau diambil oleh DPR adalah merupakan amanat dan juga suara rakyat karena DPR adalah penyambung aspirasi dan juga perwakilan dari masyarakat, sehingga akan lebih evektif jika pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPR sebab sama saja hal tersebut merupakan keputusan Rakyat.

Disisi lain Jika kepala daerah dipilih oleh DPRD, artinya rakyat tidak ada kewenangan lagi untuk menentukan hak hak politiknya, sedangkan DPR juga dipilih oleh rakyat, tidak ada lagi pendidikan politik yang diberikan untuk rakyat, jika RUU pilkada dipilih langsung oleh DPRD. Selama ini pilkada langsung membuat rakyat mengerti arti makna demokrasi rakyat Indonesia, menentukan dan berperan langsung dalam pesta demokrasi memilih menentukan sendiri pemimpin yang menurutnya layak dan berintegritas, jika RUU ini disahkan justru ini melukai makna demokrasi.

Melihat beberapa kontro versi yang lahir dari bebrapa kalangan, kondisi ini akan menyebabkan perselisihan nantinya jika tidak adanya kesadaran dalam memahami secara utuh keputusan yang akan di tetapkan oleh lembaga legeslativ tersebut. Kita perlu menyadari bahwa pada hakikatnya hanya merupakan dinamika politik saja yang juga harus menjadi pertimbangan semua pihak dan juga seluruh lapisan masyarakat di Indonesia ini. Pemerintah tentunya akan menggodok rancangan undang undang ini dengan matang dalam menentukan sikap tentang rancangan undang undang pemilihan kepala daerah ini.

Jadi apapun yang ditetapkan oleh pemerintah nantinya tentang keputusan RUU PILKADA yang rencana akan di ketok palu pada tanggal 25 mendatang merupakan salah satu keputusan yang harus diterima segenap hati oleh masyarakat, sebab keputusan yang di ambil tentunya telah melewati kebijakan dan pertimbangan yang berorientasi pada kemaslahatan dan juga keadilan bagi rakyat Indonesia. Jadi dengan ini diharapkan seluruh masyarakat dapat menerima apapun keputusan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut, sehingga keamanan dan keyamanan bangsa tetap asri di negeri garuda ini.

(Penulis adalah ketua aliansi pemuda peduli rakyat)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here