Anak “Sungai” Berburu Lobster di Pesangen

Takengen (LeuserAntara) : Memanfaatkan aliran sungai Pesangan yang bersumber dari Danau Lut Tawar, Aceh Tengah, sebagian anak-anak kerap berbagi keceriaan dengan bermandia ria sembari berburu udang jenis lobster di sana.

Seperti tradisi, kegiatan tersebut kerap dilakukan mereka sepulang sekolah. Biasanya dalam berburu udang anak-anak itu berkelompok. Nyaris disepanjang aliran sisi sungai dijajaki, ada satu atau dua ekor lopster yang terjebak diantara jari mungil mereka.

Win misalnya seorang anak di lokasi itu, saat dimintai keterangannya baru-baru ini di aliran sungai Lukup Badak, Kec. Pegasing mengatakan, lobster yang berhasil ditangkap tersebut tidak untuk dijual. Namun, dikosumsi bersama rekan-rekannya.

“Kadang udangnya kami bakar untuk langsung dimakan sambil mengeringkan badan. Tapi, kalau tangkapan banyak, ya dibagi-dibagi untuk dibawa pulang,” ucap Win.

Dengan alat seadanya, adakalanya, anak-anak “sungai”  ini mampu mengumpulkan 1-2 kilogram lopster. Bahkan lebih. Namun tidak jarang hanya beberapa ekor yang didapat. Hal tersebut tidak mengurangi kebahagiaan mereka di saat bermandia ria di lokasi wisata itu.

Sebagaimana diketahui, sejak beberapa tahun terakhir selain jenis ikan khas air tawar lainnya, perkembangan lobster mulai dari danau hingga di sepanjang aliran sungai Peusangan cukup meningkat. Selain dikosumsi pribadi, udang air tawar ini juga mulai diperjualbelikan warga di sana dengan harga ekonomis yang menjanjikan.[] (Laporan: Irwandi MN/foto-El)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*