Akhirnya, Kopi Bener Meriah Akan Dieksport ke Turki


Istanbul (LeuserAntara): Hari ke dua di acara Istanbul Coffe Festival ( ICF) di Turki, tepatnya  Jumat 22 September 2017, menjadi momen penting bagi delegasi Bener Meriah yang membawa brand arabica gayo coffe, karena tanpa diduga sebuah perusahaan asal Turki tertarik untuk membeli kopi gayo.

Perusahaan tersebut adalah del piano milik pengusaha sukses Fatih Topuz yang merupakan pemasok kopi terbesar di Turki dan sebagian wilayah Eropa. Fatih mengungkapkan ketertarikannya kepada kopi gayo saat menjadi peserta seminar kopi gayo yang dilaksanakan sebelumnya,  saat itu Bupati Bener Meriah sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut.

Kesempatan ini langsung disambut oleh pengusahaan asal Bener Meriah Muhammad Amin, yang merupakan pemilik Gayo Mandiri Coffe yang langsung mengajukan kerja sama dengan Fatih Topuz, ditandai dengan penanda tanganan MoU kerjasama yang disaksikan langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah.

Menurut Muhammad Amin, ini langkah baru bagi perdagangan kopi gayo, karena ini merupakan kesempatan pertama bagi pengusahaan kopi Bener Meriah untuk langsung mengekspor kopi ke Turki, karena sebelumnya Turki tidak pernah menjadi negara tujuan perdagangan kopi asal Gayo.

Ditempat yang sama Ahmadi SE mengungkapkan, ” ini merupakan hasil yang kita harapkan dari partisipasi Pemerintah Aceh dan Bener Meriah yang ikut dalam gelaran Istanbul Coffe Festival 2017,” lanjutnya “Alhamdulillah target kita untuk mendapatkan buyer di Turki telah tercapai,” tutupnya.(Ril)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*