Beranda BENER MERIAH Ada Festival Panen Kopi di Bener Meriah

Ada Festival Panen Kopi di Bener Meriah

BERBAGI

REDELONG (LeuserAntara): Plt Bupati Tgk. H. Sarkawi membuka secara resmi pagelaran Festival Panen Kopi Bener Meriah Tahun 2018 di Seladang Café, Kampung Rembele, Kecamatan Wih Pesam, Senin (19/11/2018).

Kegiatan festival tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Gayo Alas Mountain Internasional (GAMI) Festival 2018. 

Acara yang akan berlangsung selama tiga hari itu, sejak Tanggal 19 hingga 21 November 2018 tersebut mengambil tema “Melestarikan Budaya, Mensejahterakan Masyarakat.”

Plt Bupati Tgk. H. Sarkawi sebelum menyampaikan kata sambutannya terlebih dahulu mengatakan yel-yel atau selogan dalam bahasa Gayo “Gere ara kupi gere ara cerite. Dele kupi dele cerite” yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia “Tidak ada kopi tidak ada cerita, Banyak kopi banyak cerita”. 

Slogan tersebut disambut riuh oleh para pengunjung di lokasi festival panen kopi tersebut.

Plt Bupati Bener Meriah dalam sambutannya mengatakan, kopi adalah manefestasi, perwujutan rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan ALLAH SWT untuk Gayo. 

“Karena masyarakat Gayo sebagaian besar hidup dari kopi, dibesarkan dengan kopi, keseharian mereka adalah kopi, Gayo adalah kopi. Jadi kopi adalah ruh, jadi semangat yang membesarkan Gayo, dan Gayo dikenal karena kopinya juga. ”ucap Abuya.

Keinginan Plt Bupati Bener Meriah itu untuk tahun depan di Kabupaten Bener Meriah diadakan kenduri kopi serta berdoa bersama-sama, dan kegiatan kenduri kopi tersebut diharapkannya dapat melibatkan semua komponen masyarakat. 

“inilah mungkin wujut rasa syukur kita bersama-sama kepada ALLAH SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kita Masyarakat Bener Meriah. Saya minta agar, Sekda dapat mempertimbangkan agarannya,” demikian yang disampaikan Plt Bupati Tgk. H. Sarkawi itu.

Kadis Kebudayaan dan Parawisata Aceh yang di wakili Kabid Pengembangan Pemasaran Pemerintah Aceh Ramadani dalam sambutanya menyampaikan, rasa bangganya.

Karena menurutnya, Festival Panen Kopi dapat dilaksanakan perdana di Kabupaten Bener Meriah, dengan melibatkan masyarakat, komonitas kopi dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik selama berlangsungnya festival panen kopi Bener Meriah 2018.

Ditambahkannya, festival tersebut tidak hanya bertujuan untuk melestarikan budaya masyarakat Gayo dalam mengolah kopinya menjadi salah satu kopi terbaik dunia dengan citarasa tinggi, dan menjadi salah satu sumber pemasukan warganya, tapi juga merupakan daya tarik para wisata berbasis agro.

Dia menerangkan, adapun kegiatan yang nantinya diselenggarakan dalam festival panen kopi Bener Meriah 2018 tersebut adalah, Fashion Show di kebun kopi, Perempuan dan entrepreneur, kopi dan fotografi, kopi dan masa lalu, lomba menyortir kopi dan bazaar serta ragam kegiatan unik lainnya.

Pantauan di Seladang café acara Festival panen kopi itu di hadiri Wakil Bupati Aceh Tengah, Unsur Forkopimda-Forkopimda Plus Bener Meriah, Sekda Bener Meriah, para kepala Dinas, Badan, Kantor, Kepala Bidang Pengembagan pemasaran Provinsi Aceh, Para Pengusu Gabungan Organisasi Wanita, seluruh lembaga perbangkan yang ada di Bener Meriah.(HAM)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here