Beranda GAYO LUES

80 Persen Pelajar di Gayo Lues Merokok

BERBAGI

wahidporang

GAYO LUES |Leuserantara| Terlihat, beberapa Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama bebas mengisap rokok di dalam bus sekolah milik Pemkab, banyak sumber mengatakan hal ini terjadi setiap hari, tanpa ada tindakan tegas dari instansi terkait.

Kabid Dikmen, Wahidin Porang menyikapi dan mengatakan pihak Disdik sudah membuat tata tertib tentang itu dan sudah diteruskan ke sekolah-sekolah. Untuk itu dia meminta kepada pihak sekolah agar mengembangkan tata tertib tersebut agar tercipta efek jera bagi siswa yang melanggar ketentuan, saat ini jelasnya, hampir 75% siswa tingkat SLTP dan 85% tingkat SLTA merokok, kondisi terparah terjadi di sekitar pe-desaan akibat adanya budaya masyarakat be-jamu yang identik dengan sajian rokok tanpa batasan usia.

“Untuk mengatasi ini kita minta peran semua pihak dan telah kita anjurkan kepada tenaga pendidik agar jangan merokok saat mengajar atau menyuruh siswa membeli rokok, ini bermanfaat untuk pembelajaran moral kepada siswa,” kata Wahid. Senin (9/2/2015).

Terkait, siswa yang memilih merokok di dalam Bus milik Dishub Gayo Lues, baik ketika pergi sekolah atau sepulangnya. Abdul Gani, Kabid Perhubungan, berjanji akan memperingatkan sopir bus sekolah tersebut untuk melarang para siswa yang merokok di dalam bus, menghidupkan musik diluar batas atau berbuat tidak senonoh serta berkelahi didalam bus, selain itu dia juga menerapkan beberapa persyaratan terhadap siswa agar mematuhi peraturan yang ditentukan seperti naik bus harus antri dan di larang buang sampah sembarangan.

“Kalau sopir tidak melarang siswa merokok di dalam bus maka pemerintah tidak segan-segan memberikan sanksi apabila perlu kita pecat,” tegas Gani.(Insetgalus)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here