Beranda ACEH TENGAH

33 Ribu Benih Ikan Ditebar Di Danau Lut Tawar

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Kementrian Kelautan dan Perikanan RI tebar 33.000 benih ikan di Danau Lut Tawar, Aceh Tengah. Kegiatan ini digelar dalam Safari Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan (Gemarikan), Kamis kemarin.

Penebaran benih ikan ini dilakukan Anggota Komisi IV DPR RI, TA Khalid bersama Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Agus Suherman dan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Dirjen dari Pihak Kementerian Kelautan mengaku akan berupaya membantu Aceh Tengah dalam pengembangan usaha sektor perikanan. “Kami dari Derektorat Jenderal Penguatan Daya Saing ada satu yang saya lihat, saya sempat buka (Proposal), Insya Allah kami penuhi, yaitu mobil berpendingin,” sebut Agus Suherman.

Ia menamvahkan, lain itu ada program Kementerian Kelautan saat ini yang bisa membantu sektor usaha perikanan di daerah. Misalnya seperti penyediaan alat mesin pembuatan es untuk pendingin ikan segar, mobil pendingin, pengembangan sentra perikanan dan program Gemarikan.

“Kami sudah mengirim sekitar 600 mesin pabrik es kecil-kecilan. Kalau disini butuh, pasti Takengon akan kami berikan,” jelasnya.

Dikesempatan itu, Bupati Shabela menyampaikan bahwa Aceh Tengah adalah daerah yang potensial untuk pengembangan sektor perikanan darat.

Menurutnya luas kolam darat di daerah itu mencapai 71,4 hektare dengan kekuatan produksi perikanan mencapai 745 ton per tahun, namun belum mampu mencukupi kebutuhan konsumsi ikan di daerah kopi itu.

“Nilai produksi perikanan tangkap mencapai 239 ton pertahun. Ini Belum mampu memenuhi kebutuhan ikan konsumsi masyarakat di sini,” katanya.

Sementara Anggota Komisi IV DPR RI TA Khalid menyampaikan pihaknya juga akan ikut mendorong pengembangan sektor perikanan darat.

Apalagi saat ini dirinya bertugas membidangi perikanan di Komisi IV sehingga memiliki tanggungjawab untuk memajukan usaha sektor perikanan di Aceh, termasuk Aceh Tengah.[] (Ir)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here