Beranda ACEH TENGAH

30 Orang Umroh Gratis Ke Makkah

BERBAGI

TAKENGEN|Leuser Antara| Tahun ini (2016) Pemda Aceh Tengah akan membrangkatkan 30 orang untuk umroh ke Tanah Suci, Makkah.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengungkapkan, mereka yang dibiayai Pemda, harus memiliki kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur-an dari sejumlah klasifikasi.

Sejak 2015 lalu Pemda sudah memfasilitasi umroh pemenang MTQ keluarga dan penghafal Qur’an kategori dewasa dan remaja.

“Tahun lalu pemenangnya keluarga Hanifuddin. Ada lima orang satu keluarga, bahkan ada anak yang masih berusia 2,5 tahun, juga dibawa serta,” kata Nas disela menghadiri pembukaan MTQ kelompok pengajian di Kec. Rusip Antara, Selasa (03/05/2016).

Sedangkan, tahun ini jumlah pemenang MTQ keluarga dan kategori penilaian akan ditambah, selain MTQ keluarga dan penghafal Qur’an, kemampuan Reje (Kepala Kampung) dan Imam kampung dalam membaca Al-Qur’an masing-masing bersama istri juga akan diuji.

“Di tahun ini akan diambil tiga keluarga terbaik. Kemudian penghafal Qur’an kategori dewasa dan remaja masing-masing putra dan putri, ditambah Reje dan imem kampung masing-masing bersama istri. Jadi bisa saja yang akan berangkat umroh¬† 30 orang,” jelasnya.

Pelaksanaan MTQ keluarga, bagi imam kampung dan reje, merupakan gebrakan bupati Aceh Tengah untuk memotivasi masyarakat agar dekat dan senantiasa mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Metode MTQ yang dilakukan juga di klaim sebagai program perdana, karena sebelumnya pernah digelar.

“Keluarga, reje dan imem yang mampu membaca Alquran dengan baik, maupun para penghafal merupakan orang-orang pilihan yang diharapkan jadi panutan untuk membumikan Alquran di masyarakat,” ringkas Nas.

Kepala Dinas Syari’at Islam Aceh Tengah, Alam Suhada mengutarakan,¬† proses MTQ keluarga, reje dan imam kampung saat ini sedang berjalan ditingkat kecamatan.

“Seleksi tingkat kecamatan sedang berlangsung dan diharapkan selesai pertengahan bulan Mei ini. Setelah ini direncanakan akan dilaksanakan MTQ keluarga, reje dan imem tingkat kabupaten,” katanya.

Khusus bagi musabaqah penghafal Alquran, ia mengatakan proses seleksi tingkat kabupaten akan berlangsung pada akhir bulan Ramadhan 1437 H.

“Kita harapkan medio tahun ini seluruh rangkaian seleksi sudah tuntas dan para pemenang dapat berangkat umroh di akhir 2016,” ucapnya. (Red/rel).

 

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here