Beranda ACEH TENGAH 2021 PLTA Pesangan Atasi “Krisis” Listrik Aceh

2021 PLTA Pesangan Atasi “Krisis” Listrik Aceh

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara) : Pengerjaan pembangunan pembangkit listrik 88 MW di PLTA Pesangan, Aceh Tengah, Provinsi Aceh sudah mencapai 63 persen. Diperkirakan keberadaan proyek beranggaran ‘raksasa’ di daerah penghasil kopi ini sudah rampung di 2021.

Demikian ungkap GM PT PLN-UIP Pembangkit Sumatera-Aceh, Weddy B Sudirman, dalam temu ramah saat dikunjungi tim Media Tour PWI Aceh, Jum’at (7/9) di ┬áKec. Silih Nara.

“Pembangkit listrik PLTA Peusangan ini akan usai di 2021. Meski ┬ádalam perjalanan pembangunannya mengalami pasang surut akibat konflik dan gempa, namun pengerjaannya sudah memcapai 63 persen,” kata Weddy.

Dia menjelaskan, pembangkit 88 MW yang dikerjakan oleh pihak kontraktor internasional ini nantinya akan memasok 12 MW untuk memenuhi kebutuhan lokal. Sisanya, 76 MW akan disuplai untuk kebutuhan listrik di wilayah Kabupaten Biruen, Provinsi Aceh.

“Ada kesan pengerjaan pembangkit listrik ini mangkrak, padahal tidak. Kenapa demikian? Ini karena selain konflik, ada kendala dalam pembangunan terowongan bawah tanah. Gempa menyebabkan pergeseran bebatuan. Namun, kini kondisinya sudah mengalami kemajuan,” paparnya.

Bersamaan, GM PLN Aceh, Jefri Rosdiadi dalam kesempatan itu menyebutkan, kebutuhan pembangkit listrik di Aceh secara keseluruhan mencapai 400 MW. Dari jumlah tersebut, Aceh masih membutuhkan saluran energi listrik 100 MW dari Sumatera Utara.

“Kehadiran PLTA Pesangan ini akan mengurangi ketergantungan listrik Aceh dari Medan. Lain itu, dapat membantu meningkatkan ekonomi maupun pemerataan listrik di seluruh Aceh. Perlu juga diketahui persentase laporan keluhan pelangan di tahun ini, terhadap persoalan listrik mengalami penurunan dibanding sebelumnya,” sebutnya.

Amatan LeuserAntara. com, tim Media Tour PWI Aceh yang bekerjasama dengan PT PLN Persero ini, langsung dihadiri Tarmilin Usman (Ketua PWI Aceh) dengan melibatkan awak media sekitar 60 wartawan cetak, elektronik dan visual.

Selain menyambangi kantor PLTA Peusangan 1 dan 2, tim Media Tour PWI Aceh didampingi pihak PT PLN, juga mengunjungi terowongan pembangkit listrik yang sedang dibangun di kedalaman sekitar 750 meter dari permukaan tanah. [] (Lap. Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here