11 Club Didong Bener Meriah Dapat Penghargaan

REDELONG (LeuserAntara): Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi, SE, secara simbolis menyerahkan penghargaan serta uang pembinaan kepada 3 club didong di oproom Setdakab setempat, Rabu (8/11/2017).

Ahmadi sebelum menyerahkan penghargaan tersebut menyampaikan, apresiasinya kepada pelaku seni Doding yang telah berpartisipasi dalam program melestarikan destinasi Bener Meriah dalam seni Didong.

“Pada intinya kita akan lestarikan dan mewariskan seni Gayo, yang pasti kalau cuma dilestarikan tanpa diwariskan, seni itu lama kelamaan akan hilang, karena tidak adanya regenerasi. Kita harus wariskan kesenian ini kepada generasi penerus seperti kepada anak-anak didik kita yang masih duduk di bangku sekolah, sehingga seni Gayo itu tidak akan punah begitu saja,” ujar Ahmadi.

Disisilain, dia juga mengatakan, kedepan pemerintah daerah akan kembali menghidupkan kembali kesenian budaya Gayo berupa Tari Bines, dimana tari tersebut menurut Ahmadi mulai jarang ditampilkan.

“Tari Bines mungkin terakhir Cuma ada di Samarkilang. Tari Bines ini yang masih sering ditampilkan di Lukup Serbajadi, di Gayo Lues saja tari ini hampir punah. Saya yakin dan percaya di daerah kita ini, banyak generasi muda yang tidak lagi tau kalau Tari Bines itu adalah milik Gayo,” katanya.

Kadis Parawisata Bener Meriah Haili Yoga dalam kesempatan itu menyampaikan, penghargaan dan uang pembinaan tersebut di berikan kepada 11 club didong Kabupaten Bener Meriah.

“Tiga club didong yang diberikan penghargaan dan uang pembinaan oleh bupati adalah, Arita, Buana Jaya, dan Tawar Bengi,” terang Kadis Parawisata itu.

Dia juga menambahkan, penghargaan tersebut diberikan karena, ke 11 club didong tersebut telah berpartisipasi dalam mempromosikan destinasiwisata Bener Meriah dalam bidang seni.

Ke 11 club didong ini membuat karangan lagu bertema terkait beberapa icon destinasiwisata melalui seni.(Ril)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*